Skip to main content

Perhatikan Kepribadian Ini, Sebelum Melamar Kerja

Kepribadian / personality merupakan hal utama yang tidak bisa dipisahkan dari dunia kerja sehingga saat orang melamar kerja baik instansi pemerintah maupun swasta akan selalu dihadapkan dengan tes kepribadian dengan tujuan untuk mendaptakan pribadi-pribadi yang berkualitas sehingga memberikan kontribusi yang semaksimal mungkin demi kemajuan dan pertumbuhan perusahaan.

Kepribadian mencakup moral, etika, karakter, maupun sifat-sifat lainnya. Jadi, sebelum melamar kerja, perhatikan hal berikut ini :

Menghargai Waktu
Kepribadian ini sangat penting ditanamkan dan dimiliki karena menghargai waktu akan membetuk pribadi yang disiplin, konsisten dan berkomitmen. Jadi, sepandai atau sepintar apapun seseorang jika tidak bisa menghargai waktu tidak akan pernah bisa menjadi pribadi yang tertata dan akan menjadi nilai kurang ketika melamar kerja.

Mulailah untuk belajar menghargai waktu dengan melakukan kebiasaan seperti bangun tepat waktu, kurangi melakukan sesuatu tanpa tujuan, biasakan melakukan persiapan sebelum melakukan sesuatu dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan.

Fokus Pada Proses
Belajar untuk selalu fokus pada proses jangan selalu berorientasi pada hasil karena akan berakibat kurang baik terhadap jiwa dan pola pikir. Makanya banyak orang gagal sebelum mencapai batas maksimal dalam melakukan sesuatu, ini disebabkan oleh faktor terlalu fokus terhadap goal atau hasil dalam mengerjakan sesuatu.

Jadi, sangat disarankan untuk menghindari hal ini dan bukan tidak boleh tapi sesuaikan sehingga tidak menjadi kekurangan tapi malah menjadi kelebihan untuk lebih baik.
Ingatlah usaha tidak akan menghianati hasil. Jadi, tetaplah berproses dengan memperhatikan sebuah proses untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menghargai Orang Lain
Belajarlah untuk selalu menghargai orang lain dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak hal dan manfaat seperti banyak relasi, teman dll. Kepribadian ini akan mengurangi sifat ego atau ke akuan dalam diri.

Cara menghargai orang lain bisa dilakukan dengan cara bersikap ramah, bersikap adil, jangan menghina atau mengejek, hormati pendapat orang lain, berikan dukungan,  jangan menyindir, jangan memaksa dll.

Kontrol Diri
Merupakan suatu tindakan untuk menahan dan mengendalikan diri sendiri secara sadar sehingga menghasilkan prilaku yang tidak merugikan orang lain dan sesuai dengan aturan atau norma.

Orang yang mampu mengendalikan dirinya adalah orang yang cerdas sehingga ketika dihadapkan dengan suatu kondisi yang kurang baik akan tetap tenang dan berwibawa.

Berani Mengambil Keputusan
Suatu hasil dari sebuah proses mental atau kognitif yang membawa pada suatu keputusan dari sebuah pilihan yang dianggap paling tepat berdasarkan pertimbangan, analisa, pengalaman.

Keputusan hari ini akan menetukan hari esok. Ingat jangan pernah takut mengambil keputusan, jangan takut disalahkan sebelum mengambil keputusan pertimbangkanlah dengan bijaksana dan sebaik mungkin.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas dan Tanggung Jawab EDP

EDP singkatan dari Entry Data Processing adalah salah satu staff atau karyawan yang bertugas menginput data pada sebuah program. Biasanya perusahaan yang membutuhkan Staff / karyawan EDP adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa contohnya perusahaan distributor. Salah satu syarat untuk bekerja sebagai staff EDP adalah lulusan Teknik Informatika karena lulusan teknik informatika sudah terbiasa dengan program, aplikasi sehingga tidak membutuhkan waktu lama dalam beradaptasi ataupun training dalam mengenal sebuah program dan aplikasi. Secara umum staff EDP mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut : Input data atau memasukkan data ke dalam program yang menggunakan database Membantu menyelesaikan masalah tentang program / trouble soft Database Administrator Periksa dan mempertahankan Server database Debugging kesalahan yang ditemukan di Server database Memeriksa dan menjaga koneksi jaringan File penanganan Back-Up file untuk Database Server. Memel...

Tugas Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan (Petty Cash) merupakan salah satu jabatan penting dalam sebuah perusahaan yang bertugas mengatur dan menjaga stabilitas keuangan. Dari bagian inilah kita akan tahu pertumbuhan perusahaan, apakah mengalami kemajuan ataupun penurun baik secara harian, bulanan dan tahunan. Laporan yang diberikan oleh administrasi keuangan merupakan hasil dari rekapitulasi dari keluar masuk kas sehingga dibutuhkan orang-orang yang memang benar-benar mengerti tentang keuangan yaitu jurusan akuntansi maupun pajak. Untuk lebih detailnya, berikut tugas administrasi keuangan : Menyusun laporan keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan Mengelola uang kas Mengelola dan mengatur tagihan Bekerjasama dengan bagian lain dalam kaitan operasional administrasi keuangan Menguasai penggunaan Microsoft Office, Email Mengerti pelaporan dan perhitungan Pajak perusahaan Menerima uang masuk/kas masuk, menyimpan uang, Mengeluarkan uang/kas keluar dengan disertai bukti Pengaturan...

Mengenal Tentang Staff IT

Staff IT adalah sebuah jabatan atau posisi dalam sebuah perushaan yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan Informasi Teknologi. Untuk menjadi Staff IT anda harus menjadi lulusan Teknik Informatika dan mempunyai skill atau kemampuan diatas rata-rata karena teknik informatika merupakan jurusan yang menghasilkan Staff IT. Staff IT mempunyai tanggung jawab yang sangat besar dalam kemajuan sebuah perusahaan. Apa saja job description atau tugas dan tanggung jawab Staff IT : Bertanggung jawab atas segala sarana dan prasana yang berhubungan dengan informasi teknologi. Bertanggung jawab atas segala kerusakan komputer, laptop, network/jaringan, finger print/mesin absensi  dan biasa disebut troubleshooting Membantu menyelesaikan permasalahan staff atau karyawan dalam menggunakan system, program dan aplikasi Bersedia mengajarkan staff atau karyawan tentang basic computer untuk memperlancar pekerjaan kantor atau perusahaan Setup segala sesuatu yang b...