Administrasi keuangan (Petty Cash) merupakan salah satu jabatan penting dalam sebuah perusahaan yang bertugas mengatur dan menjaga stabilitas keuangan.
Dari bagian inilah kita akan tahu pertumbuhan perusahaan, apakah mengalami kemajuan ataupun penurun baik secara harian, bulanan dan tahunan. Laporan yang diberikan oleh administrasi keuangan merupakan hasil dari rekapitulasi dari keluar masuk kas sehingga dibutuhkan orang-orang yang memang benar-benar mengerti tentang keuangan yaitu jurusan akuntansi maupun pajak.
Untuk lebih detailnya, berikut tugas administrasi keuangan :
- Menyusun laporan keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan
- Mengelola uang kas
- Mengelola dan mengatur tagihan
- Bekerjasama dengan bagian lain dalam kaitan operasional administrasi keuangan
- Menguasai penggunaan Microsoft Office, Email
- Mengerti pelaporan dan perhitungan Pajak perusahaan
- Menerima uang masuk/kas masuk, menyimpan uang,
- Mengeluarkan uang/kas keluar dengan disertai bukti
- Pengaturan/pengelolaan, transaksi, dan distribusi kas untuk operasional perusahaan
Jika belum mempunyai pengalaman kerja, anda tidak usah khawatir atau panik melihat job description yang begitu banyak karena tugas di atas secara umum.
Untuk masalah tugas administrasi keuangan tergantung dari perusahaan, dalam artian tingkat kepadatan tugas karena biasanya sebuah perusahaan yang munafit atau maju sudah mempunyai menajamen keuangan sehingga pekerjaan keuangan akan dibagi lagi. Contoh untuk bagian pajak hanya akan mengurus pajak saja.
Comments
Post a Comment