Skip to main content

Pengertian, Tugas Dan Tanggung Jawab HRD

HRD yang mempunyai kepanjangan Human Resource Development bukan sesuatu hal yang asing bagi para karyawan atau staff dalam sebuah perusahaan. Bagi anda yang pengen tahu lebih detail tentang HRD akan saya uraikan mulai dari pengertian, tanggung jawab dan tugas pokok.

HRD adalah sebuah jabatan khusus yang bertanggung jawab terhadap sumber daya manusia (SDM) dalam sebuah departemen perusahaan.

Jabatan ini sangat penting dalam struktur organisasi perusahaan karena perannya yang begitu vital mulai dari recruitment, pengangkatan, training, pengaturan, pemberhentian atau pemecatan dan masih banyak lagi.

Tugas Dan Tanggung Jawab HRD
Bukan sesuatu yang mudah dan gampang untuk menduduki dan menjabat sebagai seorang HRD karena mempunyai tugas dan tanggung jawab yang begitu berat. Seperti :

1. Melakukan penerimaan karyawan baru sesuai dengan standard kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan dengan cara melakukan beberapa tahapan yang harus dilalui oleh pelamar seperti melakukan tes pisikologi, tes kemampuan sesuai dengan jabatan yang dilamar, interview sebagai langkah akhir.

2. Menjaga kondisi dan situasi kerja tetap kondusif sehingga menciptakan suasana kerja yang menyenangkan baik dari sisi pekerjaan, hubungan antar karyawan, hubungan atasan (bos) dengan staff karyawan dan selalu menjadi perantara baik dalam urusan masalah, pribadi, saran dan kritikan.

3. Memberi tahu seluruh karyawan tentang segala kebijakan perusahaan seperti sistem gaji, struktur organisasi, tunjangan, libur khusus dalam rangka hari raya keagamaan, sistem absensi, gaji, bonus, sistem lembur, tunjangan dalam rangka kerja keluar kota dll.

4. Melakukan seleksi dalam rangka promosi jabatan, pemindahan atau mutasi, pemberitahuan surat peringatan (SP) terhadap staff perusahaan.

5. Memberikan pelatihan, pembinaan, untuk meningkatkan kualitas dan standar karyawan agar sesuai dengan SOP perusahaan.

6. Melakukan evaluasi terhadap kontrak kerja baik dalam rangka pembaharuan kontrak, pemutusan kontrak kerja serta pengangkatan menjadi karyawan tetap.

7. Membantu dalam masalah hukum sehingga karyawan dapat memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan hukum dan undang-undang kerja.

Sedangkan syarat untuk menjadi seorang HRD harus memenuhi beberapa kriteria seperti memiliki jiwa pemimpin, bertanggung jawab, kemampuan dalam berkomunikasi, mempunyai kemampuan psychology yang bagus sehingga mampu membaca segala sesuatu mulai dari kondisi sampai kejiwaan, pengetahuan dan wawasan yang luas, mengerti dan paham undang-undang.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas dan Tanggung Jawab EDP

EDP singkatan dari Entry Data Processing adalah salah satu staff atau karyawan yang bertugas menginput data pada sebuah program. Biasanya perusahaan yang membutuhkan Staff / karyawan EDP adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa contohnya perusahaan distributor. Salah satu syarat untuk bekerja sebagai staff EDP adalah lulusan Teknik Informatika karena lulusan teknik informatika sudah terbiasa dengan program, aplikasi sehingga tidak membutuhkan waktu lama dalam beradaptasi ataupun training dalam mengenal sebuah program dan aplikasi. Secara umum staff EDP mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut : Input data atau memasukkan data ke dalam program yang menggunakan database Membantu menyelesaikan masalah tentang program / trouble soft Database Administrator Periksa dan mempertahankan Server database Debugging kesalahan yang ditemukan di Server database Memeriksa dan menjaga koneksi jaringan File penanganan Back-Up file untuk Database Server. Memel...

Tugas Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan (Petty Cash) merupakan salah satu jabatan penting dalam sebuah perusahaan yang bertugas mengatur dan menjaga stabilitas keuangan. Dari bagian inilah kita akan tahu pertumbuhan perusahaan, apakah mengalami kemajuan ataupun penurun baik secara harian, bulanan dan tahunan. Laporan yang diberikan oleh administrasi keuangan merupakan hasil dari rekapitulasi dari keluar masuk kas sehingga dibutuhkan orang-orang yang memang benar-benar mengerti tentang keuangan yaitu jurusan akuntansi maupun pajak. Untuk lebih detailnya, berikut tugas administrasi keuangan : Menyusun laporan keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan Mengelola uang kas Mengelola dan mengatur tagihan Bekerjasama dengan bagian lain dalam kaitan operasional administrasi keuangan Menguasai penggunaan Microsoft Office, Email Mengerti pelaporan dan perhitungan Pajak perusahaan Menerima uang masuk/kas masuk, menyimpan uang, Mengeluarkan uang/kas keluar dengan disertai bukti Pengaturan...

Mengenal Tentang Staff IT

Staff IT adalah sebuah jabatan atau posisi dalam sebuah perushaan yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan Informasi Teknologi. Untuk menjadi Staff IT anda harus menjadi lulusan Teknik Informatika dan mempunyai skill atau kemampuan diatas rata-rata karena teknik informatika merupakan jurusan yang menghasilkan Staff IT. Staff IT mempunyai tanggung jawab yang sangat besar dalam kemajuan sebuah perusahaan. Apa saja job description atau tugas dan tanggung jawab Staff IT : Bertanggung jawab atas segala sarana dan prasana yang berhubungan dengan informasi teknologi. Bertanggung jawab atas segala kerusakan komputer, laptop, network/jaringan, finger print/mesin absensi  dan biasa disebut troubleshooting Membantu menyelesaikan permasalahan staff atau karyawan dalam menggunakan system, program dan aplikasi Bersedia mengajarkan staff atau karyawan tentang basic computer untuk memperlancar pekerjaan kantor atau perusahaan Setup segala sesuatu yang b...